Web Hosting

Thursday, March 25, 2010

Habis Core i7 terus i5 dan i3...

INTEL MERILIS SECARA RESMI CORE i7, CORE i5 DAN CORE i3

Setelah merilis processor Core i7, Intel kembali merilis dua varian lainnyayaitu Core i5 dan Core i3. Beberapa tambahan penting lainnya adalah :

  • Brand Core 2 Duo dan Core2 Quad akan dihilangkan.
  • Brand Pentium, Celeron dan Atom akan tetap dipertahankan.
  • Brand Centrino akan dihilangkan juga.Kemungkinan produk berbasis Intel WiFi dan WIMAX yang akan menggunakan namaCentrino, jadi bukan Notebook lagi

Pada dasarnya Core i5 dan Core i3 merupakan versi “value” (alias memilikiperforma lebih rendah) dari Core i7. Positionignya adalah sebagai berikut; Corei3 sebagai produk Entry Level, Core i5 sebagai produk Mid Level dan Corei7 sebagai produk High Level. Seluruh processor ini akan tersedia pada PCDesktop & Mobile.

Perbedaan antara Core i7 dan keduanya adalah pada jumlah socket LGA.Core i7 menggunakan socket LGA-1366 sedangkan Core i5 dan i3 menggunakan socketLGA-1156. Selain itu Core i7 dan Core i5 memiliki fitur “Intel Turbo ModeTechnology”. Fitur ini akan mengatur hidup/mati (on/off) core yang tidak digunakanpada saat aplikasi menjalankan single-thread. Seperti diketahui bahwa tidaksemua aplikasi memanfaatkan jumlah core yang tersedia; padahal jika melakukanproses -semua core itu harus aktif. Dengan Turbo Mode, Processor hanya akanmengaktifkan core yang akan digunakan saja, lalu meng-overclock aliran threaddata yang lewat diatasnya agar berjalan lebih cepat. Turbo Mode hanya tersediadi Core i7 dan i5 saja.

Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”.Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasisebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung diprocessor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI(Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.

Mengenai Core i5

Jika Bloomfield adalah codename untuk Core i7 makaLynnfield adalah codename untuk Core i5. Core i5 adalah seri value dari Core i7yang akan berjalan di socket baru Intel yaitu socket LGA-1156. Tertarik begitumendengar kata value? Tepat! Core i5 akan dipasarkan dengan harga sekitarUS$186.

Kelebihan Core i5 ini adalah ditanamkannya fungsichipset Northbridge pada inti processor (dikenal dengan nama MCH padaMotherboard). Maka motherboard Core i5 yang akan menggunakan chipset Intel P55(dikelas mainstream) ini akan terlihat lowong tanpa kehadiran chipsetnorthbridge. Jika Core i7 menggunakan Triple Channel DDR 3, maka di Core i5hanya menggunakan Dual Channel DDR 3. Penggunaan dayanya juga diturunkanmenjadi 95 Watt. Chipset P55 ini mendukung Triple Graphic Cards (3x) dengan1×16 PCI-E slot dan 2×8 PCI-E slot. Pada Core i5 cache tetap sama, yaitu 8 MBL3 cache.

Intel juga meluncurkan Clarksfield, yaitu Core i5versi mobile yang ditujukan untuk notebook. Socket yang akan digunakan adalahmPGA-989 dan membutuhkan daya yang terbilang cukup kecil yaitu sebesar 45-55Watt.

Mengenai Core i3

Intel Core i3 merupakan varian paling valuedibandingkan dua saudaranya yang lain. Processor ini akan mengintegrasikan GPU(Graphics Processing Unit) alias Graphics On-board didalam processornya.Kemampuan grafisnya diklaim sama dengan Intel GMA pada chipset G45. Selain ituCore i3 nantinya menggunakan manufaktur hybrid, inti processor dengan 32nm,sedangkan memory controller/graphics menggunakan 45nm. Code produk Core i3adalah “Arrandale”.


Sumber: Nurseto (Nurseto@terra.co.id)


No comments: